16 Jenis Tanaman Rambat Untuk Dinding Pagar Rumah

Dalam proses mempercantik rumah memang harus membutuhkan yang namanya tanaman hias. Khusus buat anda yang ingin memberikan tampilan menarik di sisi bagian tembok atau dinding pagar rumah maka jawabanya adalah jenis tanaman rambat ini.

Kebanyakan memang jenis tanaman ini difungsikan dalam mempercantik rumah. Namun yang harus sahabat ketahui adalah dari sisi perawatan memang harus lebih intensif seperti halnya memotong daun dadun yang layu, kemudian melakukan proses pengguntingan supaya tidak memanjang dan melebar.

Proses perawatan tanaman hias khusus dinding atau pagar ini memang tergolong sederhana. Namun akan bergantung pada luas tembok dan panjang tanaman tersebut. Biasanya anda harus melakukan proses pemotongan misalkan satu bulan sekali.

Nah kali ini akan kami berikan dulu apa kira kira arti dari tanaman hias ini yang merupakan sebuah jenis tanaman yang bisa merambah dan memiliki akar tumbuh dalam tanah. Kemudian cirinya memiliki banyak cabang dan beberapa jenis tanaman ini juga akan kami bahas diantaranya:

Melilit
Golongan tanaman melilit ini dicirikan dengan batang tanaman yang melilit dan ada pula yang merambat dengan bantuan sulur di cabang samping ketiak daun. Yang termasuk dalam tanaman rambat jenis ini bisanya berbatang kecil, misalnya tanaman morning glory, passifloraceae dan cucubitaceae.

Akar Tempel
Jenis tanaman ini mempunyai akar tempel yang tumbuh di sepanjang batang yang berfungsi sebagai alat untuk lekatkan diri di tempat merambatnya. Contoh tanaman rambat ini antara lain ivy dan ficus pumila.

Setengah Merambat
Tanaman setengah merambat ini tumbuh menuju ke arah atas seperti memanjat, namun tidak tegak dan tidak mempunyai organ tertentu untuk merambat. Jenis tanaman ini mempunyai cabang dengan arah pertumbuhan merayap tergantung pada media tempat tumbuh. Contoh jenis tanaman hias rambat ini adalah mawar rambat (climbing rose), melati dan tanaman alamanda.

Cara Penanaman dan Perawatan Tanaman Rambat Untuk Pagar

Nah yang perlu anda ketahui juga dalam hal ini bagaimana proses penanaman jenis tanaman ini sehingga nanti bisa tumbuh kembang dengan baik.

  • Jika pagar berukuran besar, maka disarankan untuk memakai tanaman rambat yang berdaun lebar (alamanda,passiflora,dll). 

    Namun, jika pagar berukuran kecil, pilih jenis tanaman dengan daun dan bunga kecil seperti melati belanda dan air mata pengantin. Mengapa harus disesuaikan dengan ukuran pagar? Hal ini bertujuan untuk membuat tampilan seimbang sehingga pagar terlihat cantik.

  • Tanah yang akan ditanami tanaman rambat harus dibersihkan terlebih dahulu.

  • Buat lubang dekat pagar bawah, kemudian masukkan campuran tanah dan bahan organik dengan perbandingan 2:1 pada lubang tersebut.

  • Setelah itu tanam jenis tanaman rambat yang Anda pilih pada lubang tanaman yang sudah Anda persiapakan tadi.

  • Pahami karakteristik jenis tanaman rambat yang akan Anda tanam. Tanaman rambat seperti daun dolar, akarnya bisa menempel pada pagar dinding maka tidak memerlukan tumpuan tambahan untuk merambat. 

    Sementara itu, tanaman rambat seperti morning glory dan alamanda harus dililitkan pada pagar atau kawat agar tanaman ini bisa melilit pagar sesuai dengan keinginan saat tumbuh nantinya. 
    Dibutuhkan sekitar 2-3 polybag tanaman merambat yang ditanam untuk jarak sekitar 1 meter.

  • Siramlah tanaman secara teratur setiap hari sehingga kelembapan tetap terjaga. Anda bisa memberi pupuk urea, KCL dan TSP masing-masing sebanyak 5 gram satu bulan sekali untuk menjaga kesuburan tanah. Hal ini akan mempercepat tanaman akan tumbuh merambat di media pagar tersebut.

  • Tanaman tambat perlu di-trim seperti halnya rambut. Lakukan minimal 2 minggu skali sehingga bentuknya tetap cantik di pagar rumah Anda.

  • Untuk jenis tanaman merambat yang akarnya masuk ke dalam tembok pagar, sering-seringlah dirawat agar akar tanaman tidak merusak pagar tembok hunian Anda.

  • Anda bisa melakukan pengikatan tanaman pada rambatan agar bisa mengatur bentuk dan arah tanaman sesuai dengan kemauan Anda.

  • Jenis tanaman merambat ini menyukai sinar matahari langsung. Jadi, pastikan sinar matahari cukup untuk menerangi tananaman rambat pagar.

Model Tanaman Hias yang sedang booming


Mandevilla

tanaman rambat

Mandevilla meruapakan salah satu tanaman rambat tahan panas yang berbunga kuning, putih, merah muda, dan merah. Batangnya tidak selalu mengikuti sulur jadi sesekali perlu ditali dengan rafia, jika ingin tumbuhnya mengikuti alur pagar rumah. Para pemilik rumah kian banyak menggunakan tanaman rambat ini karena kuat menahan serangan hama serangga dan juga mudah tumbuh di iklim tropis.


Wisteria

tanaman rambat dinding

Ingin tanaman merambat pagar yang eksklusif? Wisteria bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, tanaman ini termasuk tumbuhan subtropis, jadi akan cukup sulit menanamnya di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan ketelatenan dalam perawatannya, terutama saat proses pembibitan dan pemindahan ke tanah. Tanaman rambat pagar berkayu ini bisa tumbuh hingga sepanjang 20 meter sampai usia ratusan tahun. Sayangnya wisteria cukup mahal karena sulit dibiakkan.


Petrea Volubilis

tanaman rambat untuk atap

Petrea adalah tanaman hias merambat untuk pagar dengan warna dominan ungu kebiruan (Petrea Volubilis). Ada juga yang berwarna putih (Petrea Arbiflora). Tanaman ini sangat cantik dan bunganya sangat lebar diseluruh batang. Petrea merupakan tanaman rambat yang berbunga terus yang cocok untuk area pagar rumah Anda.


Air Mata Pengantin

tanaman rambat di dinding

Sebenarnya tanaman berbunga kecil ini merupakan salah satu gulma. Namun, karena dari segi keindahan dan kemudahan dalam perawatannya, tanaman hias rambat ini bisa menjadi penghias area pagar rumah Anda. Air mata pengantin mempunyai karakteristik pertumbuhannya yang sangat cepat.


Bunga Clementis

tanaman merambat tembok

Untuk Anda yang ingin memberikan aksen warna pada pagar, bunga clementis bisa menjadi pilihan tepat untuk menghadirkan suasana cantik dengan kelopak bunganya yang berawarna keunguan.

Soapwort

tanaman rambat indoor

Sifatnya tahan panas dan lembat sekaligus membuatnya menjadi tumbuhan merambat yang disukai banyak orang. Tanaman ini membutuhkan paparan sinar matahari langsung untuk tetap hidup.


Golden Moneyworth

tanaman rambat hias

Anda bisa menggunakan jenis tanaman ini untuk permukaan pagar. Sifatnya yang cepat merambat dan tidak memerlukan intensitas perawatan yang tinggi, membuat pemilik rumah suka menghiasi rumah dengan tanaman ini.


Melati Irian

tanaman rambat bunga

Cantik sekali untuk hiasan pagar rumah dengan ciri tanaman yang kecil dan bergerombol.


Bugenvil / Bunga kertas

tanaman merambat cepat tumbuh

Bunga ini memiliki beragam warna yang unik dan lebat seperti oranye, merah, pink dan juga ungu. Jika tua, batang tanaman bugenvil akan mengeras. Untuk itu, trim-lah agar bentuknya tetap indah.

Daun Dolar

tanaman merambat cantik

Jenis tanaman merambat yang mempunyai helaian daun yang cukup menarik.


Morning Glory

tanaman rambat gantung

Jenis tanaman berbunga merambat yang sangat indah untuk dijadikan hiasan pagar. Bunga ini akan mekar pada pagi hari dan mengeluarkan aroma kesegaran sekitar pagar rumah.

Mandavela

tanaman merambat hias

Batang mandavela sangat cepat untuk tumbuh.

Sirih Merah

tanaman rambat pagar

Sirih merah termasuk jenis tananan rambat. Cukup indah ditempelkan ke dinding pagar atau batang pohon lain.


Baik sahabat semua itu dia ulasan menarik mengenai jensi jenis tanaman hias yang bisa kalian pilih kiranya mana yang cocok dan bisa membelinya di toko tanaman biasanya banyak di pinggir jalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel