15 Desain Kos Kosan Modern Yang Bagus dan Sehat

Kumpulan gambar denah plus desain kos kosan modern simple elegan lengkap dengan perkiraan biaya berapa yang akan di habiskan akan kami bahas dalam artikel ini.

Usaha kos kosan memang sangat menjanjikan dan bisa menjadi pasiv income yang baik. Namun tentu saja modal yang dibutuhkan juga banyak lebih banyak dari anda membangun rumah terkadang.

Namun dengan melihat desain ini maka anda akan memiliki gambaran bagaimana membuat kos kosan yang irit bajed. Yap, tentu saja anda harus hitung berapa biaya tukang, harga tanah, sampai dengan isinya.

Berikut beberapa desain yang kami rekomendasikan bagi anda. Desain model kos kosan lantai 2 dan 1 ini memang sangat menarik dan modern.



desain kos kosan 3 lantai

Tips Dalam Membanguan Rumah Kos Kosan Yang Sehat, Aman dan Nyaman


Kamar Tidur Kost

Area ini merupakan area penting dalam sebuah hunian kos-kosan. Anda harus memastikan ruangan ini mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. 

Ukuran kamar tidur kos minimal 2.5 m x 3 m dengan asumsi furniture yang ditempatkan berupa 1 single bed, lemari baju dan meja belajar. Jika Anda merasa mempunyai lahan yang yang cukup, luas kamar tidur bisa dirancang sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan jumlah kamar kos dengan luas lahan yang tersedia. Pastikan kebutuhan ruang minimal untuk penghuni kos terpenuhi dengan baik. Jangan sampai Anda hanya mengejar keuntungan saja dengan mengorbakan ruangan yang tidak standar yang justru mengurangi kenyamanan.

Fasilitas dalam kamar kos juga harus diperhitungan dengan target penyewa kamar kos-kosan Anda. Untuk kalangan yang sudah bekerja, Anda bisa memberikan fasilitas tambahan berupa kamar mandi dalam yang bagus, akses internet, dan lain sebagainya.


desain kos kosan


Ruang Bersama

Pastikan Anda mempunyai satu ruang khusus untuk tempat bersantai, berkumpul dan berinteraksi antar penghuni kos. Anda bisa mendesain set interior ruangan berupa tempat duduk berupa bench atau kursi sofa dengan meja. \

Jika memungkinkan Anda bisa memberikan fasilitas TV bersama yang bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dalam rumah kost.

desain kos kosan 10 kamar



Kamar Mandi

Fasilitas penting yang wajib ada dalam desain rumah kos kosan. Anda harus merencanakan dengan matang untuk membuat kamar mandi luar atau kamar mandi dalam yang menyatu dengan kamar tidur. 

Jika Anda memutuskan untuk membuat kamar mandi luar, maka sebaiknya menggunakan perbandingan 1:3 antara jumlah kamar dan kamar mandi luar. Misalnya, jika Anda membuat kamar kos sejumlah 9 kamar, maka sebaiknya membuat 3 kamar mandi luar.

Sementara itu, untuk kamar mandi dalam sebaiknya dirancang dengan baik dengan membuat ventilasi langsung keluar rumah. 


Buatlah layout kamar mandi kost yang sederhana, efesien namun bersih dan nyaman. Fasilitas standar kamar mandi harus diperhatikan seperti: ketersediaan shower atau bak, kloset, gantungan dinding dan lain sebagainya.

desain kos kosan 2 lantai





desain kos kosan mewah



Sediakan Fasilitas Penunjang

Pastikan desain kos tersedia pekarangan yang baik untuk area parkir kendaraan, teras dan taman depan. Penghuni kost akan nyaman dengan fasilitas parkir motor/mobil yang berada dalam halaman rumah kost.
desain kos kosan sederhana



Area Servis

Fasilitas area servis ini meliputi ruang cuci dan jemur. Tidak semua penghuni kost menggunakan fasilitas laundry untuk membersihkan pakaian mereka. Jadi, Anda harus membuat area ini dalam proses perencanaan awal.
desain kos kosan 2 lantai minimalis



desain kos kosan modern


desain kos kosan kamar mandi dalam


desain kos kosan minimalis


Jadi, Selamat mebangun rumah kos idaman Anda ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel